Pentas Rakyat Desa Sigap Tampara

Program pendampingan Desa Sigap Tampara mencapai puncak akhirnya pada tanggal 29 November 2020 dengan diadakannya acara Pentas Rakyat Desa Sigap Tampara di perempatan Te, e Wali Desa Tampara. Acara ini dihadiri oleh Camat Kaledupa Selatan, Lakina Barata Kahedupa beserta pemangku adat MHA Barata Kahedupa, Danramil Kaledupa, Perwakilan SPTNW II, Pendamping Desa, Kepala Desa dan BPD dari desa-desa tetangga, Kepala UPTD Perikanan Kaledupa, Perwakilan YKAN dan masyarakat Desa Tampara serta desa Kaswari. Mengusung tema tradisional, pentas ini dibuka dengan tari pagelaran lariangi dari sanggar tari Desa Tampara. Acara kemudian nyata dengan samputan dari pelaksana tugas Kepala Desa Tampara Ibu Rusniah S.Sos.Dalam krisisnya ia menyatakan bahwa begitu banyak potensi yang dimiliki desanya namun belum dimanfaatkan secara terorganisir. Melalui program desa Sigap Tampara yang telah dilakukan bersama oleh Yayasan Konservasi Alam (YKAN) dengan Forkani dan pemerintah Desa Tampara, beragam kegiatan yang dilakukan baik itu pelatihan maupun pendampingan membelikan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dan pemerintah desa untuk mengembangkan potensi desanya secara mandiri dan berbasis kearifan lokal . Diakhir krisisnya ia menyampaikan terima kasih kepada YKAN dan Forkani yng telah melakukan pendampingan desa sigap di Tampara.beragam kegiatan yang dilakukan baik itu pelatihan maupun pendampingan membelikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat dan pemerintah desa untuk mengembangkan potensi desanya secara mandiri dan berbasis kearifan lokal. Diakhir krisisnya ia menyampaikan terima kasih kepada YKAN dan Forkani yng telah melakukan pendampingan desa sigap di Tampara. beragam kegiatan yang dilakukan baik itu pelatihan maupun pendampingan membelikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat dan pemerintah desa untuk mengembangkan potensi desanya secara mandiri dan berbasis kearifan lokal. Diakhir krisisnya ia menyampaikan terima kasih kepada YKAN dan Forkani yng telah melakukan pendampingan desa sigap di Tampara.

Camat Kaledupa Selatan La Salama Spd, M.Si, dalam mengirimkannya terima kasih YKAN dan Forkani yang telah memilih dan melaksanakan pendampingan desa Sigap di wilayahnya yakni Desa Tampara. Baginya ini adalah sebuah pekerjaan mulia karena pertama kalinya di Wakatobi sebuah desa didampingi untuk masalah dan potensi yang ada di desanya, melakukan profiling desa secar partisipatif dimana masyarakat terlibat aktif didalamnya serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam perencanaan penganunan desanya.Ia berharap pendampingan desa Sigap di Wakatobi tidak hanya dilakasanakan di Desa Tampara saja namun semua desa dapat memperoleh kesempatan yang sama agar mampu merencanakan pembangunan desanya berdasarkan data dan potensi yang dimiliki dengan tetap memperhatikan nilai-nilai kearifan lokal dan keberlanjutan.

Dalam acara ini juga perwakilan YKAN menyerahkan buku Panduan Sigap Pesisir kepada Camat Kaledupa Selatan, Ketua Forkani dan Perwakilan SPTNW II. Buku yang berisi panduan pendampingan desa pesisir dalam perencanaan pembangunan desa dengan mengedepankan azas keberlanjutan ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi bagi desa-desa pesisir dalam membangun desa yang SIGAP.

Sementara itu La Beloro Ketua Forkani dalam refleksinya terhadap pelaksanaan Program Sigap Desa Tampara, ia mengulas tentang beberapa pembelajaran yang didapatkan selama belajar bersama masyarakat. Diantarnya adalah data profil desa yang memperbarui data desa yang harus dilakukan secara berkala, pendampingan kelembagaan yang sangat penting untuk memasimalkan kinerja pelayanan desa, pelibatan generasi muda dan perempuan dalam pembangunan desa sangat penting. Selain itu ia juga menitik beratkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, pelatihan dan evaluasi pembangunan desa merupakan hak dan kewajiban semua warga desa. Ia juga berharap desa-desa tetangga dapat mereplikasi perencanaan desa Sigap yang telah dilakukan di Desa Tampara
Dalam acara ini juga masyarakat disuguhi pagelaran tari Banda dan Tari Balumpa yang dipentaskan oleh siswa-siswi Madrasah Aliyah Swasta Kaledupa. Acara ini ditutup dengan festival kuliner untuk semua masyarakat yang melakukan pentas rakyat Desa Sigap Tampara.