Program

Fokus kerja kami bersama masyarakat

Dari Forkani, untuk Wakatobi

Kabupaten Wakatobi, sebuah kesatuan dari empat pulau di tenggara Sulawesi yaitu Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Kampung halaman kami ini ditetapkan menjadi Taman Nasional Wakatobi pada tahun 2002. Tak hanya menjadi rumah bagi keanekaragaman hayati laut dan menjadi destinasi wisata kelas dunia, Wakatobi juga menjadi rumah dan tumpuan hidup bagi hampir 100,000 penduduknya. (BPS, 2011)

Konservasi Lingkungan

Masyarakat pesisir memiliki hubungan erat dengan alamnya. Masyarakat inilah yang menjadi ujung tombak keberlanjutan alam untuk generasi yang akan datang. Aksi nyata yang melibatkan semua pihak sesuai dengan kapasitasnya menjadi kunci untuk menyelamatkan alam. Bukan masalah besar atau kecilnya kontribusi yang diberikan oleh semua pihak tetapi yang paling penting adalah kita semua memulai langkah perubahan untuk menyelamatkan bumi. Karena melestarikan lingkungan alam adalah tanggung jawab kita bersama.

Pendidikan

Sekian lama, kami bekerja bersama kelompok masyarakat yang menggantungkan hidup pada ketersediaan sumber daya alam. Kami sadar bahwa pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan adalah jalan panjang yang membutuhkan banyak pendekatan. Kesadaran perlu dibangun pada seluruh elemen masyarakat, termasuk generasi muda. Kami bekerja agar edukasi dan pengetahuan mengenai pengelolaan sumber daya alam dapat menjangkau seluruh masyarakat Wakatobi.

IMG_3820

Pariwisata

Pariwisata menjadi salah satu alternatif pendekatan untuk memanfaatkan sumber daya alam tanpa merusak. Namun, kita tidak dapat menafikan bahwa hingga saat ini peran komunitas-komunitas lokal dalam usaha pariwisata masih sangat minim. Kami bekerja bersama komunitas lokal untuk mengembangkan ekowisata sesuai dengan keunikan dan potensi di desanya untuk membangun kesadaran bahwa kita bisa tetap memanfaatkan sumber daya alam di wilayah kita untuk kesejahteraan dengan tetap mempertahankan kelestarian sumber daya alam

Pariwisata yang dikelola oleh masyarakat adalah hal yang baru. Peningkatan kapasitas masyarakat serta desain model pengelolaan serta pembangunan sarana dan prasarana penunjang pariwisata sangat penting untuk mengembangkan ekowisata berbasis masyarakat. Tetapi hal yang paling utama bagi kami adalah bagaimana sebuah komunitas menetapkan landasan yang tepat untuk mengembangkan ekowisata berbasis masyarakat bukan semata-semata sebagai sumber mata pencaharian utama tetapi sebagai langkah untuk memastikan keberlanjutan sumber daya alam untuk masa depan.

Sosial Budaya

Perubahan kondisi sumber daya alam akan sangat mempengaruhi kehidupan sosial dan budaya dalam suatu komunitas. Forkani bekerja bersama komunitas untuk mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan tidak hanya untuk mempertahankan sumber penghidupan masyarakat tetapi bagaimana alam dapat dikelola secara berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat dengan tetap berbasis pada nilai-nilai kearifan lokal dan adat istiadat masyarakat. Kami yakin bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi harus bekerja sama dengan masyarakat adat untuk menyelamatkan bumi.

IMG20171212102219

Kesehatan

Eksploitasi terhadap sumber daya alam yang semakin meningkat baik karena tuntutan ekonomi maupun karena kondisi sumber daya alam tumpuan yang semakin rusak. Peningkatan eksploitasi sumber daya alam dengan dalih kebutuhan ekonomi justru tanpa memikirkan kesehatan tubuh dan ekosistem tumpuan hidup menjadi ancaman pada masyarakat dan sumber daya alam yang dimiliki.

Ide penyelamatan alam tanpa memikirkan kondisi masyarakat yang terpapar oleh dampak kerusakan ekosistem yang mereka miliki perlu dipertimbangkan kembali. Sementara pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan bertujuan untuk menjamin kesejahteraan masyarakat bukan untuk hari ini saja tetapi hingga ke generasi mendatang.

Penyelesaian masalah sumber daya alam tumpuan masyarakat tidak bisa kita lakukan hanya dengan satu pendekatan untuk menjaga kesehatan lingkungan dan sumber daya alam. Kita juga perlu memperhatikan kesehatan masyarakat yang bergantung kepada perubahan sumber daya alam. Pendekatan ini harus mampu mengakomodasi ide untuk menyelamatkan alam dan menjaga kualitas hidup masyarakat dengan bekerjasama dengan para pihak yang berkompeten di bidangnya.

Advokasi

Perjuangan untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dalam mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan berbasis kearifan lokal tidak mungkin akan tercapai tanpa adanya pemahaman yang setara antara masyarakat adat dengan para pihak yang memiliki kewenangan dalam memutuskan kebijakan pengelolaan sumber daya alam. Pendidikan dan pengorganisasian masyarakat menjadi langkah wajib bagi Forkani untuk membangun kekuatan masyarakat adat sehingga memiliki posisi tawar yang kuat dalam upaya-upaya penentuan kebijakan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan

Ekonomi

Pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan diharapkan mampu menjamin sumber pendapatan masyarakat secara berkelanjutan. Upaya pelestarian sumber daya alam harus mampu meningkatkan taraf hidup perekonomian masyarakat.